Komunikasi dengan Pasangan

Kelas ini dimentori oleh Karina Adistiana, M. Psi., beliau adalah Psikolog dan Praktisi Bidang Seni Budaya dan Pendidikan

Durasi Kelas +/- 2 Jam

Komunikasi dengan Pasangan

Karina Adistiana, M. Psi.
Psikolog dan Praktisi Bidang Seni Budaya dan Pendidikan
Kategori Pernikahan

Rp.100,000

Beli Sekarang

Intro Kelas

image description

Yang akan Kamu Pelajari

Pada kelas kali ini, yaitu mengenai Komunikasi dengan Pasangan, kamu akan memahami pentingnya komunikasi efektif dalam hidup pernikahan dan memahami teknik komunikasi “I-Message” sebagai cara komunikasi positif dengan pasangan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menumbuhkan keterampilan “I-Message” tersebut beserta keterampilan penunjangnya lainnya melalui latihan yang disediakan serta kamu akan semakin mengenal dan memahami pasanganmu.  Yuk, simak penjelasan kelas Komunikasi dengan Pasangan untuk informasi selengkapnya!

Profil Pembicara

Karina Adistiana adalah seorang Psikolog dan praktisi bidang Seni Budaya dan Pendidikan, termasuk pendidikan bagi keluarga. Beliau menyelesaikan pendidikan S2 magister Psikologi Pendidikan dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 2008. Sejak tahun 2003, beliau aktif sebagai Fasilitator aneka pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan, sebagai narsum media massa untuk topik pendidikan dan Keluarga, dan sebagai “Speaker Coordinator” untuk “Bincang Edukasi”, yaitu sebuah platform jejaring, amplifikasi dan kolaborasi bagi para pemeduli dan penggerak pendidikan Indonesia. Selain itu Karina saat ini, juga aktif sebagai Anggota Presidium Jaringan Pendidikan Alternatif (2018-sekarang). Setelah menginisiasi Gerakan Peduli Musik Anak di tahun 2009, bersama sang suami, Ribut Cahyono yang akrab dipanggil mas Ibut, Karina sering melakukan pelatihan dan edukasi masyarakat tentang pemanfaatan musik untuk pendidikan dan pengasuhan ke berbagai daerah, dari Aceh sampai Maluku. Gerakan ini kemudian resmi menjadi Yayasan Peduli Musik Anak Indonesia/Young People Music Advocacy Indonesia pada tahun 2019 dan Karina menjadi wakil ketuanya. Dua tahun terakhir ini, Karina juga disibukkan dengan aktivitas dalam program PRESISI (Penguatan Karakter Siswa Mandiri Melalui Kreasi Seni), sebuah program kerjasama tiga kolektif pendidikan dengan Direktorat Kebudayaan Kemdikbud yang telah berjalan di 130an sekolah di 10 kota/kabupaten. Selain sebagai tim perumus, Karina juga menjadi supervisor untuk pelaksanaan program ini di wilayah Banda Aceh.

Struktur Pembelajaran

Pendahuluan
7 halaman
Refleksi Awal, berkomunikasi efektif
3 halaman
Komunikasi Efektif
00:01:42
Materi Komunikasi Efektif
4 halaman
Teknik Komunikasi I-Message
00:02:41
Materi Teknik Komunikasi I-Message
5 halaman
I-Message vs You-Message
00:01:26
Materi I-Message vs You-Message
2 halaman
Kapan I-Message Dikatakan Tidak Efektif
1 halaman
Latihan I-Massage
00:01:59
Materi Latihan I-Massage
4 halaman
Mengenali Perbedaan I-Message Dan You-Message
1 halaman
Keterampilan Penunjang Kemahiran I-message
4 halaman
Latihan I-Message point 1-3
00:03:42
Materi Latihan I-Message point 1-3
4 halaman
Latihan I-Message point 4-6
00:03:20
Materi Latihan I-Message point 4-6
3 halaman
Latihan I-Message point 7-8
00:02:12
Materi Latihan I-Message point 7-8
2 halaman
Tips Membangun Suasana Komunikasi Efektif
2 halaman
Yuk, Terapkan Kebiasaan Baru
7 halaman
Post-test Komunikasi dengan Pasangan
1 halaman
Refleksi Penutup
1 halaman

Komunikasi dengan Pasangan

Karina Adistiana, M. Psi.
Psikolog dan Praktisi Bidang Seni Budaya dan Pendidikan
Kategori Pernikahan

Rp.100,000

Beli Sekarang

Intro Kelas

image description